SILABUS PANCASILA
|
IAIN KERINCI |
SILABUS
Email: megivornika2@gmail.com
Mata Kuliah: Pendidikan Pancasila A. Sinopsis
Mata kuliah ini berisikan pengetahuan tentang Pancasila.
B. Tujuan
Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa dalam proses perkuliahan. Untuk menyelami dan memperluas wawasan tentang hakikat dan makna Pancasila.
C. Kompetensi
Mahasiswa diharapkan mampu mengenbangkan pengetahuan, wawasan dan skill tentang pemahaman Pancasila. Adapun Learning Outcome (capaian pembelajaran) adalah: Konsep Pancasila, Kondisi bangsa Indonesia dalam lintas sejarah, Proses pembentukan BPUPKI serta penyusunan Sila-sila Pancasila, UUD 1945, dan detik-detik Proklamasi, Pancasila sebagai Filsafat, Pancasila sebagai Etika (Moral) Politik, Pancasila sebagai Ideologi Nasional, Pancasila dalam konteks Sejarah Perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila dalam konteks Ketata Negaraan Republik Indonesia, Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam masyarakat berbangsa dan bernegara.
D. Kegiatan Perkuliahan
Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk presentasi, diskusi, dan penugasan baik kelompok dan maupun perorangan.
E. Penilaian
Nilai akhir perkuliahan ini diterapkan berdasarkan: (1) Keaktifan dalam kelas, (2) tugas-tugas, (3) Ujian Tengah Semester (UTS), dan (4) Ujian Akhir Semester (UAS)
F. Materi Perkuliahan
PERTEMUAN/ MINGGU |
POKOK BAHASAN |
I |
Penguasaan
garis besar perkuliahan |
II |
Landasan dan tujuan pendidikan
pancasila |
III |
Pancasila dalam konteks Sejarah
perjuangan bangsa Indonesia |
IV |
Kondisi bangsa Indonesia dalam
perjalanan Sejarah |
V |
Proses pembentukan BPUPKI serta
penyusunan sila-sila Pancasila, UUD 1945, dan detik-detik Proklamasi |
VI |
Hubungan Pancasila, Proklamasi,
batang tubuh UUD 1945 dan Pembukaan UUD 1945 |
VII |
Pancasila sebagai filsafat |
VIII |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
IX |
Pancasila sebagai etika (moral)
politik |
X |
Pancasaila sebagai ideologi
Nasional |
XI |
Nilai-nilai pancasila sebagai
nilai fundamental negara dan uraian sila-sila pancasila |
XII |
Pancasila dalam konteks ketata
negara Republik Indonesia |
XIII |
Sistem pemerintahan negara RI
menurut UUD 1945 dan Demokrasi Pancasila |
XIV |
Pancasila sebagai paradigma
kehidupan dalam masyarakat berbangsa dan bernegara |
XV |
Studi kasus dan implementasi Pancasila di
Indonesia |
XVI |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
|
IAIN KERINCI |
G. Beberapa
Rambu Peringatan
Setiap mahasiswa peserta mata kuliah ini dimintak untuk mengikuti arahan berikut:
Kuliah pertama atau kuliah pengantar dianggap vital, bukan saja karena pada saat ini akan diberikan peta materi kuliah keseluruhan (highlight), tetapi juga memperbincangkan kesempatan aturan main, konvensi-konvensi yang berlaku dalam kegiatan kuliah selanjutnya.
Materi dan kegiatan kuliah telah disusun sedemikian rupa, mahasiswa dimintak untuk (a) membaca secara rajin semua bahan kuliah yang diwajibkan dan dianjurkan (lihat daftar kepustakaan/ sumber bacaan) dan bahan-bahan yang ditetapkan kemudian, (b) ikuti serta ambil bagian dalam kegiatan kuliah di kelas (bertanya, diskusi, mengerjakan tugas dan prakarsa lainnya).
Apabila kuliah tidak bisa diselenggarakan, karena adanya alasan resmi (hari besar, acara resmi, dan lain sebagainya) atau alasan pribadi Ybs. Mahasiswa berhak mintak ganti kuliah pada waktu dan tempat yang disepakati bersama.
Nilai akhir ditetapkan sesuai dengan aturan yang berlaku pada IAIN Kerinci.
H. Sumber
Bacaan
Ishaq. 2011. Pendidikan Pancasila. Sungai Penuh: STAIN Kerinci
Kansil dan Christine S.T. Kansil. 2005. Pancasila dan UUD 1945. Jakarta: Pradnya Paramita
Kaelan. 2004. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma
Dan sumber bacaan relevan lainnya
Komentar
Posting Komentar