TAKSONOMI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
TAKSONOMI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
DOSEN: MEGI VORNIKA, M.Pd
TAKSONOMI MEDIA BERDASARKAN FUNGSI PEMBELAJARAN
MEDIA
FUNGSI
DEMONTRASI
PENYAMPAIAN LISAN
MEDIA CETAK
GAMBAR DIAM
GAMBAR GERAK
FILM DENGAN SUARA
MESIN PEMBELAJARAN
STIMULUS
YA
TERBATAS
TERBATAS
YA
YA
YA
YA
PENGARAHAN PERHATIAN/ KEGIATAN
TIDAK
YA
YA
TIDAK
TIDAK
YA
YA
KEMAMPUAN TERBATAS YANG DIHARAPKAN
TERBATAS
YA
YA
TERBATAS
TERBATAS
YA
YA
ISYARAT EKSTERNAL
TERBATAS
YA
YA
TERBATAS
TERBATAS
YA
YA
TUNTUTAN CARA BERPIKIR
TIDAK
YA
YA
TIDAK
TIDAK
YA
YA
ALIH KEMAMPUAN
TERBATAS
YA
TERBATAS
TERBATAS
TERBATAS
TERBATAS
TERBATAS
PENILAIAN HASIL
TIDAK
YA
YA
TIDAK
TIDAK
YA
YA
UMPAN BALIK
TERBATAS
YA
YA
TIDAK
TERBATAS
YA
YA
MEDIA AUDIO ADALAH MEDIA YANG HANYA MELIBATKAN INDERA PENDENGARAN DAN HANYA MAMPU MEMANIPULASI KEMAMPUAN SUARA SEMATA. DILIHAT DARI SIFAT PESAN YANG DITERIMANYA MEDIA AUDIO INI MENERIMA PESAN VERBAL DAN NON VERBAL. PESAN VERBAL AUDIO YAKNI BAHASA LISAN ATAU KATA-KATA, DAN PESAN NONVERBAL AUDIO ADALAH SEPERTI BUNYI-BUNYIAN DAN VOKALISASI, SEPERTI GERUTUAN, GUMAM, MUSIK, DAN LAIN-LAIN. JENIS-JENIS MEDIA INI ADALAH PROGRAM RADIO DAN PROGRAM MEDIA REKAM.
MEDIA VISUAL ADALAH MEDIA YANG HANYA MELIBATKAN INDERA PENGLIHATAN. TERMASUK DALAM JENIS MEDIA INI ADALAH 1) MEDIA CETAK VERBAL (PESAN LIGUISTIK BERBENTUK TULISAN), 2) MEDIA CETAK GRAFIS (SIMBOL-SIMBOL VISUAL, GAMBAR (SKETSA, LUKISAN, DAN PHOTO), GRAFIK, DIAGRAM, BAGAN DAN PETA DAN 3) MEDIA VISUAL NON CETAK, MEDIA VISUAL YANG MEMILIKI TIGA DIMENSI, BERUPA MODEL SEPERTI MINIATUR, MOCK UP, SPECIMEN, DAN DIORAMA. JENIS MEDIA VISUAL YANG PERTAMA DAN KEDUA BISA DIBUAT DALAM BENTUK MEDIA CETAK SEPERTI BUKU, MAJALAH, KORAN, MODUL, KOMIK, POSTER, DAN ATLAS.
MEDIA AUDIO VISUAL ADALAH MEDIA YANG MELIBATKAN INDERA PENDENGARAN DAN PENGLIHATAN SEKALIGUS DALAM SUATU PROSES. SIFAT PESAN YANG DISALURKAN MELALUI MEDIA DAPAT BERUPA PESAN VERBAL DAN NON VERBAL YANG TERLIHAT LAYAKNYA MEDIA VISUAL JUGA PESAN VERBAL DAN NON VERBAL YANG TERDENGAR LAYAKNYA MEDIA AUDIO DI ATAS. PESAN VISUAL YANG TERDENGAR DAN TERLIHAT ITU DAPAT DISAJIKAN MELALUI PROGRAM AUDIO VISUAL SEPERTI FILM DOKUMENTER, FILM DOCUDOKUMENTER, FILM DRAMA, DAN LAIN-LAIN. SEMUA PROGRAM TERSEBUT DAPAT DISALURKAN MELALUI PERALATAN SEPERTI FILM, VIDEO, DAN JUGA TELEVISI DAN DAPAT DISAMBUNGKAN PADA ALAT PROYEKSI
MULTIMEDIA ADALAH MEDIA YANG MELIBATKAN BERBAGAI INDERA DALAM SEBUAH PROSES PEMBELAJARAN. TERMASUK DALAM MEDIA INI ADALAH SEGALA YANG MEMBERIKAN PENGALAMAN SECARA LANGSUNG BISA MELALUI KOMPUTER DAN INTERNET, BISA JUGA MELALUI PENGALAMAN BERBUAT DAN PENGALAMAN TERLIBAT. TERMASUK DALAM PENGALAMAN BERBUAT ADALAH LINGKUNGAN NYATA DAN KARYAWISATA; SEDANGKAN TERMASUK DALAM PENGALAMAN TERLIBAT ADALAH PERMAINAN DAN SIMULASI, BERMAIN PERAN DAN FORUM TEATER.
PENGENALAN BEBERAPA MEDIA, BERDASARKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERSEBUT, MEDIA PEMBELAJARAN DAPAT DIKELOMPOKKAN KE DALAM EMPAT KELOMPOK, YAITU:
1. MEDIA HASIL TEKNOLOGI CETAK
2. MEDIA HASIL TEKNOLOGI AUDIO VISUAL
3. MEDIA HASIL TEKNOLOGI YANG BERDASARKAN KOMPUTER
4. MEDIA HASIL GABUNGAN TEKNOLOGI CETAK DAN KOMPUTER
PENDALAMAN MATERI:
1. KERJAKAN SECARA BERKELOMPOK, AMATILAH DAN ANALISIS LINK VIDEO INI https://youtu.be/EY2d6TU6MvU
2. APAKAH TAKSONOMI MEDIA BERDASARKAN FUNGSI PEMBELAJARAN LINK VIDEO TERSEBUT DI ATAS ?
3. PENGENALAN BEBERAPA MEDIA, BERDASARKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERSEBUT, MEDIA PEMBELAJARAN DAPAT DIKELOMPOKKAN KE DALAM EMPAT KELOMPOK, BAGAIMANA PENGAMATAN ANDA DALAM MENGKLASIFIKASI KELOMPOK MEDIA PEMBELAJARAN LINK VIDEO TERSEBUT ?
Komentar
Posting Komentar