PENGERTIAN MEDIA
PENGERTIAN MEDIA
DOSEN: MEGI VORNIKA, M.Pd
PERKEMBANGAN
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SEMAKIN MENDORONG UPAYA-UPAYA PEMBARUAN DALAM
PEMANFAATAN HASIL-HASIL TEKNOLOGI DALAM PROSES BELAJAR. PARA GURU DITUNTUT AGAR
MAMPU MENGGUNAKAN ALAT-ALAT YANG DAPAT DISEDIAKAN OLEH SEKOLAH, DAN TIDAK
TERTUTUP KEMUNGKINAN BAHWA ALAT-ALAT TERSEBUT SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN DAN TUNTUTAN
ZAMAN. UNTUK ITU GURU HARUS MEMILIKI PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN YANG CUKUP
TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN.
1.
MEDIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI GUNA LEBIH
MENGEFEKTIFKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
2.
FUNGSI MEDIA DALAM RANGKA MENCAPAI TUJUAN
PENDIDIKAN
3.
SELUK-BELUK PROSES BELAJAR
4.
HUBUNGAN ANTARA METODE MENGAJAR DAN
MEDIA PENDIDIKAN
5.
NILAI ATAU MANFAAT MEDIA PENDIDIKAN DALAM PENGAJARAN
6.
PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA
PENDIDIKAN
7.
BERBAGAI JENIS ALAT DAN TEKNIK MEDIA
PENDIDIKAN
8.
MEDIA PENDIDIKAN DALAM SETIAP MATA PELAJARAN
9.
USAHA INOVASI DALAM MEDIA PENDIDIKAN
MEDIA
/ MEDIUS/ TENGAH/ PERANTARA/ PENGANTAR PESAN DARI PENGIRIM KEPADA PENERIMA
PESAN. MEDIA KOMUNIKASI ADALAH SEPERTI
TELEVISI, FILM, FOTO, RADIO, REKAMAN AUDIO, GAMBAR YANG DIPROYEKSIKAN. APABILA MEDIA ITU MEMBAWA PESAN-PESAN ATAU
INFORMASI YANG BERTUJUAN INSTRUKSIONAL ATAU MENGANDUNG MAKSUD-MAKSUD PENGAJARAN
MAKA MEDIA ITU DISEBUT MEDIA
PEMBELAJARAN.
BATASAN DAN CIRI-CIRI UMUM MEDIA
ADALAH:
1.
MEDIA PENDIDIKAN MEMILIKI PENGERTIAN
FISIK YANG DEWASA INI DIKENAL SEBAGAI HARDWARE (PERANGKAT KERAS), YAITU
SESUATU BENDA YANG DAPAT DILIHAT, DIDENGAR, ATAU DIRABA DENGAN PANCAINDERA
2.
MEDIA PENDIDIKAN MEMILIKI PENGERTIAN
NONFISIK YANG DIKENAL SEBAGAI SOFTWARE (PERANGKAT
LUNAK), YAITU KANDUNGAN PESAN YANG TERDAPAT DALAM PERANGKAT KERAS YANG
MERUPAKAN ISI YANG DISAMPAIKAN KEPADA SISWA
3.
PENEKANAN MEDIA PENDIDIKAN TERDAPAT
PADA VISUAL DAN AUDIO
4.
MEDIA PENDIDIKAN MEMILIKI ALAT BANTU
PADA PROSES BELAJAR BAIK DI DALAM MAUPUN DI LUAR KELAS
5.
MEDIA PENDIDIKAN DIGUNAKAN DALAM RANGKA
KOMUNIKASI DAN INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
6.
MEDIA PENDIDIKAN DAPAT DIGUNAKAN SECARA
MASSAL (MISALNYA: RADIO, TELEVISI) KELOMPOK BESAR DAN KELOMPOK KECIL (MISALNYA
FILM, SLIDE, VIDEO, OHP), ATAU PERORANGAN (MISALNYA: MODUL, KOMPUTER, RADIO
TAPE/ KASET, VIDEO RECORDER)
7.
SIKAP, PERBUATAN, ORGANISASI, STRATEGI,
DAN MANAJEMEN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN SUATU ILMU.
CIRI-CIRI MEDIA
PENDIDIKAN ADALAH:
1.
CIRI FIKSATIF
2.
CIRI MANIPULATIF
3.
CIRI DISTRIBUTIF
PENDALAMAN
MATERI
COBA
ANDA BUAT SATU BUAH CONTOH MEDIA DARI KETIGA CIRI-CIRI MEDIA PENDIDIKAN TESEBUT
!
Komentar
Posting Komentar