PENGERTIAN MEDIA

 

PENGERTIAN MEDIA

DOSEN: MEGI VORNIKA, M.Pd

         BELAJAR ADALAH SUATU PROSES YANG KOMPLEKS YANG TERJADI PADA SETIAP ORANG SEPANJANG HIDUPNYA. PROSES BELAJAR ITU TERJADI KARENA ADANYA INTERAKSI ANTARA SESEORANG DENGAN LINGKUNGANNYA. OLEH KARENA ITU, BELAJAR DAPAT TERJADI KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA.

PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SEMAKIN MENDORONG UPAYA-UPAYA PEMBARUAN DALAM PEMANFAATAN HASIL-HASIL TEKNOLOGI DALAM PROSES BELAJAR. PARA GURU DITUNTUT AGAR MAMPU MENGGUNAKAN ALAT-ALAT YANG DAPAT DISEDIAKAN OLEH SEKOLAH, DAN TIDAK TERTUTUP KEMUNGKINAN BAHWA ALAT-ALAT TERSEBUT SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN DAN TUNTUTAN ZAMAN. UNTUK ITU GURU HARUS MEMILIKI PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN YANG CUKUP TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN.

1.   MEDIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI GUNA LEBIH MENGEFEKTIFKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

2.   FUNGSI MEDIA DALAM RANGKA MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN

3.   SELUK-BELUK PROSES BELAJAR

4.   HUBUNGAN ANTARA METODE MENGAJAR DAN MEDIA PENDIDIKAN

5.   NILAI ATAU MANFAAT MEDIA  PENDIDIKAN DALAM PENGAJARAN

6.   PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN

7.   BERBAGAI JENIS ALAT DAN TEKNIK MEDIA PENDIDIKAN

8.   MEDIA PENDIDIKAN DALAM  SETIAP MATA PELAJARAN

9.   USAHA INOVASI DALAM MEDIA PENDIDIKAN

MEDIA / MEDIUS/ TENGAH/ PERANTARA/ PENGANTAR PESAN DARI PENGIRIM KEPADA PENERIMA PESAN. MEDIA  KOMUNIKASI ADALAH SEPERTI TELEVISI, FILM, FOTO, RADIO, REKAMAN AUDIO, GAMBAR YANG DIPROYEKSIKAN.  APABILA MEDIA ITU MEMBAWA PESAN-PESAN ATAU INFORMASI YANG BERTUJUAN INSTRUKSIONAL ATAU MENGANDUNG MAKSUD-MAKSUD PENGAJARAN MAKA  MEDIA ITU DISEBUT MEDIA PEMBELAJARAN.

BATASAN DAN CIRI-CIRI UMUM MEDIA ADALAH:

1.   MEDIA PENDIDIKAN MEMILIKI PENGERTIAN FISIK YANG DEWASA INI  DIKENAL SEBAGAI HARDWARE (PERANGKAT KERAS), YAITU SESUATU BENDA YANG DAPAT DILIHAT, DIDENGAR, ATAU DIRABA DENGAN PANCAINDERA

2.   MEDIA PENDIDIKAN MEMILIKI PENGERTIAN NONFISIK YANG DIKENAL SEBAGAI SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK), YAITU KANDUNGAN PESAN YANG TERDAPAT DALAM PERANGKAT KERAS YANG MERUPAKAN ISI YANG DISAMPAIKAN KEPADA SISWA

3.   PENEKANAN MEDIA PENDIDIKAN TERDAPAT PADA VISUAL DAN AUDIO

4.   MEDIA PENDIDIKAN MEMILIKI ALAT BANTU PADA PROSES BELAJAR BAIK DI DALAM MAUPUN DI LUAR KELAS

5.   MEDIA PENDIDIKAN DIGUNAKAN DALAM RANGKA KOMUNIKASI DAN INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

6.   MEDIA PENDIDIKAN DAPAT DIGUNAKAN SECARA MASSAL (MISALNYA: RADIO, TELEVISI) KELOMPOK BESAR DAN KELOMPOK KECIL (MISALNYA FILM, SLIDE, VIDEO, OHP), ATAU PERORANGAN (MISALNYA: MODUL, KOMPUTER, RADIO TAPE/ KASET, VIDEO RECORDER)

7.   SIKAP, PERBUATAN, ORGANISASI, STRATEGI, DAN MANAJEMEN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN SUATU ILMU.

CIRI-CIRI MEDIA PENDIDIKAN ADALAH:

1.   CIRI FIKSATIF

2.   CIRI MANIPULATIF

3.   CIRI DISTRIBUTIF

PENDALAMAN MATERI

COBA ANDA BUAT SATU BUAH CONTOH MEDIA DARI KETIGA CIRI-CIRI MEDIA PENDIDIKAN TESEBUT  !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) BAHASA INDONESIA

EYD dan Teknis Ejaan

Silabus Bahasa Indonesia