KETERAMPILAN MEMBACA SUMBER ILMIAH
KETERAMPILAN MEMBACA SUMBER ILMIAH
DOSEN: MEGI VORNIKA, M.Pd
KARAKTERISTIK SUMBER ILMIAH
Keterampilan
membaca sangat penting dan lebih unggul untuk menyerap informasi dan ilmu
pengetahuan karena beberapa hal berikut ini.
1. Sumber bacaan, agaknya jauh lebih
banyak daripada sumber simakan
2. Informasi dan ilmu pengetahuan pada umumnya
selalu didokumentasikan dalam bentuk
bacaan
KARAKTERISTIK BUKU
Karakteristik buku yang paling
penting dipahami dalam kaitan dengan keterampilan membaca buku terdiri atas
halaman judul, daftar isi, bab demi bab. Untuk memahami isi buku secara umum,
perhatikan hal berikut ini. Informasi umum (topik pokok) tentang buku terdapat
pada judul buku. Untuk melihat topik-topik yang dikupas dalam buku tersebut, dapat dilihat melalui
judul-judul bab dan subbab yang terdapat dalam daftar isi. Jika Anda ingin
membaca buku, ada baik lebih dahulu memilih buku yang sesuai tujuan, minat, dan
kesenangan. Untuk memilih buku yang tepat, perhatikan hal berikut ini.
1. Lihatlah lebih dahulu judul dan daftar isi
buku
2. Perhatikan dan pahami judul-judul bab
3. Untuk lebih teliti, perhatikan dan pahami
judul-judul subbab yang terdapat dalam buku
4. Pahami pokok-pokok pikiran yang disampaikan
pengarang melalui penamaan bab-bab dan
subbab buku. Dengan pemahaman itu akan tergambar persoalan apa yang akan disajikan
pengarang
5. Simpulkan permasalahan pokok dalam buku
melalui bab dan subbab itu.
KARAKTERISTIK LAPORAN PENELITIAN
Karakteristik
laporan penelitian berbeda dengan buku, walaupun laporan penelitian dapat juga
diterbitkan dalam bentuk buku, tetapi karakteristik laporan penelitian dapat
dilihat dari segi susunan bab yang relatif tetap. Susunan bab laporan penelitian
lazim terdiri atas.
1. Bab pendahuluan
2. Bab kajian teoretis dan kerangka
konseptual
3. Bab metodologi penelitian
4. Bab hasil penelitian
5. Bab kesimpulan dan saran
Dalam kaitannya dengan
kesimpulan membaca dan untuk memperkaya wawasan ilmiah, informasi yang sangat
penting diperoleh dari laporan penelitian adalah:
1. Permasalahannya (lihat bab 1)
2. Teori yang diinginkan (lihat bab 2)
3. Metode yang digunakan (lihat bab 3)
4. Bab hasil penelitian
5. Bab kesimpulan dan saran
MEMAHAMI PENANDA INFORMASI PENTING
Untuk
menjadi pembaca yang cerdas, Anda harus
memahami bahwa dalam bacaan adakalanya informasi penting itu ditandai oleh
cetakan hitam atau bold. Cetakan miring
atau italic. Artinya sebagai pembaca
yang cerdas, harus cepat melihat pemarkah grafika tersebut. Informasi penting
dalam sebuah bacaan dapat secara cepat dilihat pada pemarkah grafik tersebut.
Selain itu, pemarkah numerik (penomoran) yang terdapat dalam bacaan sangat perlu diperhatikan untuk
menemukan informasi penting yang disampaikan oleh penulis. Permakah numerik ada
dua jenis: penomoran dengan angka dan penomoran dengan abjad. Selain itu dapat
pula dilihat permakah numerik dengan simbol, gambar dan lainnya.
TIPE-TIPE INFORMASI DALAM BACAAN
1. Informasi Denotatif dan Konotatif
2. Informasi Utama dan Penjelas
PENDALAMAN MATERI
Bacalah sebuah penelitian/ skripsi dibidang
keahlian (jurusan) Anda. Kemudian buatlah laporan ringkas isinya. Bacalah sebuah
buku teks di bidang keahlian (jurusan) Anda, kemudian buatlah laporan isi
bacaan itu.
KLIK/ BUKA INI >>> KIRIM JAWABAN PENDALAMAN MANDIRI
Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang diajarkan di
BalasHapussekolah sejak Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi. Mata pelajaran ini sangat
penting untuk diajarkan di sekolah. Mata pelajaran Bahasa Indonesia di
selenggarakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bersosialisasi dengan
sesama dalam berbagai kesempatan baik tulis maupun lisan. Salah satu aspek yang
terdapat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia ialah membaca. Melalui membaca
anak akan memahami informasi yang disampaikan penulis dalam suatu tulisan.
Penelitian yang berjudul “Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan Deskripsi Siswa
Kelas V SDN Lamreung Aceh Besar”. Adapun yang menjadi rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah tingkat kemampuan siswa memahami isi
teks deskripsi di kelas V SDN Lamreung Aceh Besar?.