KETERAMPILAN MEMBACA SUMBER ILMIAH

 KETERAMPILAN MEMBACA SUMBER ILMIAH

DOSEN: MEGI VORNIKA, M.Pd

 

KARAKTERISTIK SUMBER ILMIAH

          Keterampilan membaca sangat penting dan lebih unggul untuk menyerap informasi dan ilmu pengetahuan karena beberapa hal berikut ini.

1. Sumber bacaan, agaknya jauh lebih banyak  daripada sumber simakan

2. Informasi dan ilmu pengetahuan pada umumnya selalu didokumentasikan  dalam bentuk bacaan

KARAKTERISTIK  BUKU

Karakteristik buku yang paling penting dipahami dalam kaitan dengan keterampilan membaca buku terdiri atas halaman judul, daftar isi, bab demi bab. Untuk memahami isi buku secara umum, perhatikan hal berikut ini. Informasi umum (topik pokok) tentang buku terdapat pada judul buku. Untuk melihat topik-topik yang dikupas dalam  buku tersebut, dapat dilihat melalui judul-judul bab dan subbab yang terdapat dalam daftar isi. Jika Anda ingin membaca buku, ada baik lebih dahulu memilih buku yang sesuai tujuan, minat, dan kesenangan. Untuk memilih buku yang tepat, perhatikan hal berikut  ini.

1. Lihatlah lebih dahulu judul dan daftar isi buku

2.  Perhatikan dan pahami judul-judul bab

3. Untuk lebih teliti, perhatikan dan pahami judul-judul subbab yang terdapat dalam buku

4. Pahami pokok-pokok pikiran yang disampaikan pengarang melalui  penamaan bab-bab dan subbab buku. Dengan pemahaman itu akan tergambar persoalan apa yang akan disajikan pengarang

5. Simpulkan permasalahan pokok dalam buku melalui bab dan subbab itu.

KARAKTERISTIK LAPORAN PENELITIAN

       Karakteristik laporan penelitian berbeda dengan buku, walaupun laporan penelitian dapat juga diterbitkan dalam bentuk buku, tetapi karakteristik laporan penelitian dapat dilihat dari segi susunan bab yang relatif tetap. Susunan bab laporan penelitian lazim terdiri atas.

1.   Bab pendahuluan

2. Bab kajian teoretis dan kerangka konseptual

3.   Bab metodologi penelitian

4.   Bab hasil penelitian

5.   Bab kesimpulan dan saran

 Dalam kaitannya dengan kesimpulan membaca dan untuk memperkaya wawasan ilmiah, informasi yang sangat penting diperoleh dari laporan penelitian adalah:

1. Permasalahannya (lihat bab 1)

2. Teori yang diinginkan (lihat bab 2)

3. Metode yang digunakan (lihat bab 3)

4. Bab hasil penelitian

5. Bab kesimpulan dan saran

MEMAHAMI PENANDA INFORMASI PENTING   

      Untuk menjadi pembaca yang cerdas,  Anda harus memahami bahwa dalam bacaan adakalanya informasi penting itu ditandai oleh cetakan hitam atau bold. Cetakan miring atau italic. Artinya sebagai pembaca yang cerdas, harus cepat melihat pemarkah grafika tersebut. Informasi penting dalam sebuah bacaan dapat secara cepat dilihat pada pemarkah grafik  tersebut.  Selain itu, pemarkah numerik (penomoran) yang terdapat dalam  bacaan sangat perlu diperhatikan untuk menemukan informasi penting yang disampaikan oleh penulis. Permakah numerik ada dua jenis: penomoran dengan angka dan penomoran dengan abjad. Selain itu dapat pula dilihat permakah numerik dengan simbol, gambar dan lainnya.

TIPE-TIPE INFORMASI DALAM BACAAN

1. Informasi Denotatif dan Konotatif

2. Informasi Utama dan Penjelas

PENDALAMAN MATERI

Bacalah sebuah penelitian/ skripsi dibidang keahlian (jurusan) Anda. Kemudian buatlah laporan ringkas isinya. Bacalah sebuah buku teks di bidang keahlian (jurusan) Anda, kemudian buatlah laporan isi bacaan itu.

KLIK/ BUKA INI >>> KIRIM JAWABAN PENDALAMAN MANDIRI

Komentar

  1. Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang diajarkan di
    sekolah sejak Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi. Mata pelajaran ini sangat
    penting untuk diajarkan di sekolah. Mata pelajaran Bahasa Indonesia di
    selenggarakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bersosialisasi dengan
    sesama dalam berbagai kesempatan baik tulis maupun lisan. Salah satu aspek yang
    terdapat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia ialah membaca. Melalui membaca
    anak akan memahami informasi yang disampaikan penulis dalam suatu tulisan.
    Penelitian yang berjudul “Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan Deskripsi Siswa
    Kelas V SDN Lamreung Aceh Besar”. Adapun yang menjadi rumusan masalah
    dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah tingkat kemampuan siswa memahami isi
    teks deskripsi di kelas V SDN Lamreung Aceh Besar?.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) BAHASA INDONESIA

EYD dan Teknis Ejaan

Silabus Bahasa Indonesia